ASN Kemenag Sumut Siap Sukseskan MTQ Nasional ke XXVII Tahun 2018

By Admin


nusakini.com-Medan-Kota Medan Sumatera Utara kembali menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII yang akan digelar pada 6 sampai 13 Oktober 2018. Dibutuhkan waktu 47 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah ajang yang dihelat 4 tahun sekali. Terakhir Sumut menjadi tuan rumah pada MTQN ke-4 pada tahun 1971. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Darmansyah mengatakan, sebagai bagian dari tuan rumah, Kemenag Sumut bersama seluruh ASN bertanggungjawab mensukseskan MTQ yang kembali digelar di Sumut. 

“ASN Kemenag Sumut akan berpartisipasi aktif dan penuh dalam MTQ ini, seluruh potensi yang dimiliki akan dimaksimalkan untuk suksesnya perhelatan akbar ini,” ujar Darmansyah menegaskan. 

Ia menjelaskan, sejumlah pejabat dan ASN Kemenag Sumut masuk dalam tim kepanitiaan MTQ dan mendapat tugas mengawal terselenggaranya seluruh lomba. 

“Kita terlibat penuh di seluruh cabang lomba, memastikan lokasi lomba serta agenda MTQ berjalan baik berkolaborasi dengan unsur panitia lainnya,” ujar Kakanwil kepada Humas saat meninjau lokasi lomba, Jumat (05/10). 

Selain itu, seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota mendapat tugas masing-masing memfasilitasi rombongan dari seluruh Kanwil Kemenag Provinsi mulai kedatangan di Bandara Kualanamu, transportasi, kebutuhan lainnya. 

“Setiap Kemenag Kabupaten/Kota mendapat tugas memfasilitasi kebutuhan kafilah setiap provinsi bekerjasama dengan panitia pusat dan provinsi,” ujarnya. 

Ditanya target kafilah Sumut dalam MTQ ini, Darmansyah berharap Sumut meraih juara, namun ia lebih memilih fokus pada pelayanan kafilah MTQ. 

“Kita secara simultan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi untuk mengembangkan potensi bakat di cabang lomba MTQ, kita optimis meraih yang terbaik, meski fokusnya saat ini adalah melayani kafilah,” ucapnya.(p/ab)